Year End List: Film Thriller/Misteri Seru di Sepanjang Tahun 2017

Bosan nonton film dengan plot monoton dan adegan super cheesy? Film thriller atau suspense bisa jadi alternatif kamu untuk melatih otak dan hati. Film-film bergenre ini banyak memasukkan unsur misteri, kriminal dan tidak jarang juga adegan berdarah-darah. Tim kami banyak menonton film ber-genre thriller atau misteri tahun lalu dan setelah melalui diskusi yang cukup panjang, kami suguhkan pilihan film thriller/misteri yang menurut kami bisa membuat penonton penasaran dan ketakutan di saat yang bersamaan atau malah tersenyum kecut karena kecewa. Yuk, lihat daftar berikut!

Film Thriller/Misteri Terbaik di Tahun 2017

1. The Killing of A Sacred DeerThe Killing of A Sacred Deer Review

Film besutan Yorgos Lanthimos ini memang baru ditayangkan secara reguler di bioskop Indonesia sejak 3 Januari 2018. Namun di negara asalnya yakni Amerika Serikat, film ini telah dirilis di tahun 2017 dan mendapatkan respon yang cukup baik. Diceritakan seorang anak lelaki menaruh dendam kepada seorang dokter. Ia pun mengancam untuk membunuh keluarga sang dokter satu per satu, kalau dokter tersebut tidak mengorbankan salah satu keluarganya. Dibintangi oleh Colin Farrell, Nicole Kidman dan Barry Keoghan, kamu harus siap menyaksikan banyak hal-hal di luar nalar yang terjadi pada keluarga ini. Kamu akan dibuat semakin deg-degan ketika sang dokter berkejaran dengan waktu demi menyelamatkan anggota keluarganya. Psst, kamu juga bisa ikut kuis interaktif di website film ini untuk mengetahui tipe psikopat seperti apa sih kamu. Baca ulasan selengkapnya di sini.

2. Pengabdi SetanPengabdi Setan Movie Review

Ketika Joko Anwar membocorkan bahwa proyek yang ia kerjakan adalah remake film horror legendaris, “Pengabdi Setan”, kami pun dihantui kecemasan. Akankah sutradara ini mampu membuat cerita bersettin tahun 80-an ini bisa relevan kembali. Jawabannya, Joko Anwar berhasil menyebarkan teror kengerian di bioskop-bioskop Indonesia. Dibintangi oleh Tara Basro, Ayu Laksmi dan M. Adhiyat, Pengabdi Setan bercerita tentang kembalinya arwah ibu untuk mengajak anak-anaknya untuk mengikuti dirinya ke alam baka. Selain sukses membuat kami ketakutan untuk keluar dari kamar di malam hari, film ini juga sukses memecahkan rekor box office Indonesia sebagai film terlaris di tahun 2017 dengan raihan lebih dari 4 juta penonton! Baca ulasan selengkapnya di sini.

3. It

IT (2017) Movie Review
Cr: Entertainment Weekly

Stephen King adalah rajanya penulis thriller/misteri. Penulis legendaris ini tak henti-hentinya menelurkan berbagai cerita ajaib yang mampu membuat bulu kuduk kita berdiri. Salah satu masterpiece-nya adalah “It”, yang menceritakan tentang teror di sebuah kota kecil bernama Derry. Mengambil latar belakang tahun 80-an, “It” menghadirkan sosok badut pemangsa anak-anak bernama Pennywise yang selalu muncul di kota ini setiap beberapa tahun sekali. Sekumpulan bocah yang dipimpin oleh Bill, bertekad untuk mengusir badut ini dari kota mereka selamanya. Baca ulasan selengkapnya di sini.

4. John Wick: Chapter 2

Kalau ada film yang bisa membuat kita mengumpat “brengsek” berkali-kali, mungkin film karya Chad Stahelski ini jawabannya. Sekuel dari John Wick ini menyaksikan John (Keanu Reeves) berupaya menghilang dari peredaran setelah banyak pihak mencarinya karena membuat kekacauan besar di film pertama. Film ini memberikan pesan moral bahwa kamu tidak bisa mempercayai siapapun di dunia ini. Aksi kejar-kejaran, penembakan, dan penghianatan sangat ditekankan dalam film ini.

5. Wind River

Debut Taylor Sheridan sebagai sutradara dan penulis ditandai baik dengan film ini. Film yang bercerita tentang pencarian terhadap seorang pembunuh seorang wanita, memiliki jalan cerita bersifat slow burn dan menarik diikuti petunjuk demi petunjuk untuk mencari si pembunuh. Pastinya cerita-cerita Taylor Sheridan selalu lekat dengan kesan emosional (seperti film “Sicario” & “Hell or High Water”). Pemilihan peran Jeremy Renner & Elizabeth Olsen menambahkan kepuasan penonton dalam menikmati Wind River.

6. Split

The personality of Hedwig (James McAvoy) has emerged. Credit: Universal Pictures
The personality of Hedwig (James McAvoy) has emerged.
Credit: Universal Pictures

Gangguan mental Dissociative Identity Disorder (DID) dijadikan dasar cerita dalam film buatan M. Night Shyamalan ini. Menampilkan James McAvoy, “Split” menceritakan tentang seorang pria yang memilik 23 kepribadian dalam satu tubuh. Pria ini menculik tiga remaja wanita dan mengancam keselamatan mereka dengan kepribadiannya yang bersifat membunuh. Meskipun menggambarkan penderita DID secara ekstrim, film ini setidaknya menangkap esensi dari genre thriller yakni aksi kejar-kejaran yang menegangkan dan tokoh yang menyeramkan. Baca ulasan lengkapnya di sini.

Bisa juga dikategorikan thriller/misteri: Get Out, Mother!, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak

 

Film Thriller/Misteri di Tahun 2017 yang Bisa Lebih Baik

1. Night Bus

“Night Bus” merupakan kejutan di tahun 2017 setelah dinobatkan sebagai Film Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Tio Pakusadewo, Teuku Rifnu Wikana, Lukman Sardi dan Donny Alamsyah menampilkan performa terbaik dalam peran mereka. “Night Bus” mengambil latar belakang konflik kemanusiaan di mana sekelompok orang menaiki sebuah bis menuju kota Sampar yang dilanda konflik separatis bertahun-tahun sebelumnya. Kami sedikit tercengang mendengar film produksi Darius Sinathrya ini  memenangkan penghargaan yang begitu tinggi mengingat eksekusi di dalamnya tidak terlalu bagus, terutama bagian animasinya. Seandainya beberapa elemen dalam “Night Bus” diperbaiki, mungkin film ini bisa lebih menyenangkan untuk ditonton.

2. The Foreigner

Aktor laga legendaris asal Hong Kong, Jackie Chan memerankan sosok seorang ayah yang mencari keadilan atas kematian putrinya dalam film “The Foreigner”. Karena keadilan tak kunjung didapatkan, maka ia mengambil tindakan sendiri untuk mengungkap kebenaran. Di film ini, Jackie Chan beradu akting dengan aktor kawakan lainnya, Pierce Brosnan. Sayangnya cerita yang dibagun tidak semenarik Jackie Chan ataupun Pierce Brosnan sehingga terlihat terlalu berbelit-belit. Ditambah dengan perpaduan aksi dan misteri yang kurang pas. Namun akan tetap menghibur jika kalian merindukan peran 2 aktor action ini.

3. Baby DriverBaby Driver

Sutradara Edgar Wright lagi-lagi memadukan unsur komedi dan action dalam film arahannya “Baby Driver”. Dikisahkan Ansel Elgort berperan sebagai Baby, seorang supir yang bertugas membawa kabur para perampok ke tempat aman setelah beraksi. Separuh pertama film ini sungguh sempurna, musik, aksi kejar-kejaran, dan plot yang cukup unik membuat perhatian kita tertuju pada layar. Sayangnya, separuh terakhir dari film ini terkesan terlalu memaksakan, dimulai dari lakon yang tak kunjung mati walaupun terkena berbagai bencana. Hingga sampai pada sebuah ending yang bisa dibilang anti-klimaks. Baca ulasan lengkapnya di sini.

4. Happy Death DayHappy Death Day Movie Review

Lagi-lagi Hollywood menggunakan premis andalannya yakni tokoh yang terjebak dalam suatu siklus yang berulang-ulang. “Happy Death Day” menceritakan tentang Tree Gelbman yang secara tragis dibunuh di hari ulang tahunnya. Secara ajaib, Tree hidup kembali di hari yang sama setelah ia mati dan kejadian ini terus berulang sehingga ia bertekad untuk menemukan pembunuhnya. Plot film ini terasa monoton ketika banyak repetisi yang terjadi. Baca ulasan lengkapnya di sini.

5. Danur

Danur Movie Review
Shareefa Danish as Asih
Source: Modern Horrors

“Danur” adalah film horor yang diadaptasi dari novel laris karangan Risa Saraswati. Latar belakang, karakter dan kepribadiannya memang sesuai dengan yang digambarkan oleh Risa dalam novelnya. Akan tetapi, alur cerita sengaja dibuat berbeda agar memeberikan efek super dramatis. Sayangnya, taktik tersebut gagal karena jalan cerita mudah ditebak dan banyak plot hole yang bisa membuat penonton kebingungan. Baca ulasan lengkapnya di sini.

6. Murder On Orient ExpressMurder on The Orient Express Review

Cerita klasik karangan Agatha Christie ini akhirnya di remake di tahun 2017 oleh sutradara Kenneth Branagh. Detektif Hercule Poirot harus mencari pembunuh dalam perjalanan kereta ekspres sebelum korban lain berjatuhan. Film ini adalah salah satu film yang menyia-nyiakan casting yang begitu mahal dan mentereng. Dibintangi oleh Johnny Depp, Daisey Ridley, Penelope Cruz, Judi Dench dan banyak aktor ternama lainnya, “Murder On Orient Express” belum mampu memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh penonton dan pembaca novelnya. Baca ulasan lengkapnya di sini.

———————–

Film Thriller/Misteri yang Menyakitkan Hati untuk Ditonton

Kami telah memilih beberapa judul film bergenre thriller/misteri yang menyakitkan hati (dan mata) untuk ditonton baik dari segi plot, pemilihan karakter, atau visual effect yang amburadul. Film-film ini tidak memberikan efek takut, tegang atau terkejut bagi para penontonnya.
1. The Mummy

2. The Snowman
3. Keluarga Tak Kasat Mata
4. Rings
5. Death Note (Netflix)

Write A Comment