Sal Priadi Nadin Amizah "Amin Paling Serius" Review“Amin Paling Serius” adalah “Zona Nyaman” bagi Sal Priadi

Sepak terjang Sal Priadi di industri musik bisa dibilang cukup pesat. Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, pemuda asal Malang ini bisa melejitkan karirnya ke level nasional dengan hanya bermodalkan empat single tanpa sebuah EP atau album penuh. Dukungan penuh labelnya di Malang yakni GZZ Records ataupun manajemen yang baik sejak ia hijrah ke Jakarta adalah beberapa faktor kesuksesan pria yang akrab disapa Ziki ini. Faktor lain yang lebih mendominasi keberhasilannya adalah kemampuan meracik materi yang membuat pendengar kasual jadi jatuh cinta padanya. “Amin Paling Serius”, single terbaru kolaborasinya bersama solois Nadin Amizah adalah bukti mutakhir bagaimana Sal Priadi dan manajemennya mampu memanfaatkan momen, koneksi, dan kecintaan pendengar terhadap roman picisan. Mengawali karirnya di dunia seni dengan menulis sajak dan puisi, tentu saja lagu-lagu yang diciptakan oleh Sal Priadi mengandung lirik-lirik puitis. Sebelum kamu menikmati “Amin Paling Serius”, kamu bisa menyimak single debutnya “Kultusan” yang begitu megah dan misterius. Kecintaan mendalam terhadap seorang wanita digambarkan dengan begitu intens dan diiringi dengan instrumen yang dramatis, tidak salah kalau kami memprediksi Ziki akan melesat di industri musik.

Tim di belakang Sal Priadi benar-benar memahami segmentasi pasarnya dan “Ikat Aku Di Tulang Belikatmu” dan “Melebur Semesta” adalah langkah yang tepat untuk menggaet lebih banyak pendengar wanita. “Jangan Bertengkar Lagi Ya? OK? OK!” menawarkan sisi musikalitas lain dari Sal Priadi dengan produser baru yakni Pamungkas yang mengemas lagu ini dengan level dramatisasi lebih rendah. Sosok Sal Priadi menjadi lebih ‘chill’ dan mudah didekati lewat tembang berirama soul dan R&B yang ringan. Di titik ini, kami mengira musiknya akan bergeser dari citra awalnya yang kental dengan teatrikal, kemegahan, dan kemisteriusan. Namun perilisan “Amin Paling Serius” seakan mengembalikan Sal Priadi yang dulu kami kenal dan amati sejak pertama kali menelurkan karya musik. Vokalisasi yang lebih powerful dibanding lagu “Jangan Bertengkar Lagi Ya? OK? OK!” mengantarkan para pendengar pada sebuah narasi atas cinta dan harapan. Tempo yang lambat memberikan ruang untuk Sal untuk memberikan efek lebih dramatis lewat alunan melodi yang mendayu-dayu. Kali ini string section yang begitu melekat di single-single perdananya muncul kembali berkat arahan Lafa Pratomo sebagai produser.Sal Priadi Nadin Amizah "Amin Paling Serius" Review

Lafa Pratomo yang juga dikenal sebagai produser dari Danilla seakan mengetahui nilai jual Sal Priadi yang tidak dimiliki oleh solois pria lain, yakni persona pujangga nan dramatisnya dan hal tersebut ditonjolkan lewat “Amin Paling Serius”. Trik lain yang kami akui cerdik adalah merekrut Nadin Amizah sebagai kolaborator di lagu ini. Nadin Amizah menjadi nama yang banyak diperbincangkan semenjak vokalnya terdengar di lagu Dipha Barus “All Good”. Banyak yang mengira Nadin akan menyelami dunia elektro-pop dan EDM lewat kolaborasi debutnya tersebut. Namun semua anggapan tersebut terbantahkan oleh pemilik akun @cakecaine di Instagram tersebut lewat lagu solonya “Rumpang”, Melalui “Rumpang”, Nadin Amizah berevolusi menjadi musisi yang vulnerable dengan lirik-lirik yang lugas dan menyentuh kalbu. Iringan gitar akustik yang minimalis memberikan spotlight pada vokalisasinya yang meliuk-liuk. Di “Amin Paling Serius”, lagi-lagi Lafa Pratomo membubuhkan kejeniusannya dengan menggabungkan orkestra yang Sal Priadi banget dengan gitar akustik minimalis yang menjadi ciri khas Nadin Amizah.

Hasilnya tentu saja menakjubkan dan kami tidak sabar untuk menantikan visualisasi dari lagu “Amin Paling Serius” lewat sebuah video klip karena tidak melakukannya sudah bisa dibilang sebuah tindakan kriminal. Perilisan lagu ini juga dilakukan tanggal 29 Mei 2019 di berbagai gerai digital berdekatan dengan fenomena kerusuhan 22 Mei di Jakarta yang menjadi topik panas. Munculnya ratusan meme dengan memplesetkan tokoh Amien Rais sebagai sang “Amin Paling Serius” semakin mengerek popularitas lagu ini dan membuat banyak orang penasaran. Tidak heran single ini menjadi karya pertama dari Sal Priadi yang menembus 1 juta stream di Spotify. Sama seperti ketika Payung Teduh meledak lewat “Akad” atau Fourtwnty meraih popularitas lewat “Zona Nyaman”, kami rasa “Amin Paling Serius” adalah “Zona Nyaman” -nya Sal Priadi yang bisa mengantarkan musisi ini untuk naik kelas ke level lebih tinggi. Kamu bisa menikmati lagu tersebut di Youtube, Spotify, Apple Music, dan masih banyak lagi.