GAHBM 2013 Bluest Year I've Been Review
Cr: Magesta Putra
Girl and Her Bad Mood Patah Hati, Bikin Lagu “2013/Bluest Year I’ve Been”

[MALANG] Siapapun pasti pernah memiliki tahun terburuk dan tahun 2013 merupakan tahun terburuk bagi grup dream pop/indie pop asal Malang, Girl and Her Bad Mood. Lewat lagu bertajuk “2013/Bluest Year I’ve Been”, band ini meluncurkan serangan single ke-5 sebelum EP mereka rilis pada Desember mendatang. Sound gabungan antara dream pop dan emo yang menjadi ciri khas dari band ini tetap hadir di lagu ini. Formula ini sepertinya cocok dan berhasil bagi band yang beranggotakan Bima Geraldi (gitar/vokal), Daffa Hanafi (gitar), Danang Seloaji (drum), Handy Wandawa (synth), dan Jane Maura (bass/lead vokal) sehingga tempo drum yang tenang dengan petikan gitar gaya Midwest cukup menonjol di lagu ini. Dibandingkan dengan “Fallingout” atau single sebelumnya lagi yakni “Bye Your Side”, GAHBM – singkatan dari nama band ini – memilih tempo yang lebih downbeat. Single yg kami rilis sebelumnya rata-rata bertempo upbeat. Kami rasa kami perlu merilis single ini yang downbeat agar bisa menjadi penyeimbang untuk single-single lain yang sudah rilis sebelumnya. Selain itu, ‘2013/Bluest Year I’ve Been’ cukup mewakili musik, mood, dan tema di EP mendatang,” ungkap GAHBM.GAHBM 2013 Bluest Year I've Been Review

Lagu ini memiliki refrain yang menenangkan dan perpaduan vokal dari Bima dan Jane berjalan harmonis sepanjang lagu “2013/Bluest Year I’ve Been”. Single ini telah dirilis serentak di berbagai layanan streaming digital pada tanggal 11 November 2022 oleh Haum Entertainment dan Fist Valley Records diiringi sebuah cover artwork yang unik. Tampak seorang lelaki tertelungkup dengan latar belakang jalan raya yang sepi. Artwork tersebut adalah hasil jepretan dari Andika E. Pahlevi dan Aldrin Kevin W. dari Jakarta yang notabene adalah kawan baik dari GAHBM. Selain single, kabarnya GAHBM juga akan merilis sebuah video klip untuk “2013/Bluest Year I’ve Been”. “Videonya sedang dalam tahap pre-produksi dan sutradara kami kali ini, pernah juga terlibat dalam pembuatan video untuk band Monohero. Video klipnya sendiri akan ada narasinya/cerita dan si sutradara ingin menggabungkan video dengan unsur ilustrasi,” bocor mereka.

Kali ini untuk mempromosikan single dan EP mendatang, GAHBM akan melaksanakan tur dengan band sekota yakni Closure yang resmi dihelat oleh Haum Entertainment. Direncanakan akan mengunjungi 8 kota di Pulau Jawa antara lain Malang, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Semarang, GAHBM akan membawa serta berbagai merchandise serta rilisan fisik EP mereka yang diberi tajuk “Bluest Year”. Mengaku tidak memiliki persiapan khusus, band yang mengawali karir dengan merilis lagu di kompilasi homeband FISIP UB tersebut tetap mengedepankan mood untuk bersenang-senang dan bertemu dengan para pendengar mereka di kota-kota tersebut. Sembari menunggu EP mereka dirilis bulan depan, nikmati “2013/Bluest Year I’ve Been” di kanal digital favoritmu.

Penulis/Editor: Novita Widia