Cats Movie Review 2019Review: “Cats” adalah Film Untuk Pecinta Musikal

“Cats” pasti menjadi judul yang sudah tidak asing jika kamu adalah penggemar teater musikal Broadway. Diciptakan oleh Andrew Lloyd Webber yang terinspirasi kumpulan puisi milik T.S. Elliott, “Cats” telah menjelma menjadi salah satu teater musikal paling sukses dan dipentaskan di berbagai negara seperti Inggris, Amerika Serikat, hingga Korea Selatan. Sutradara kenamaan Tom Hooper mengadaptasi musikal ini ke dalam layar lebar dan mengumpulkan aktor, aktris serta musisi ternama sebagai jajaran cast versi film dari “Cats”. Tentu saja, ketika kabar ini pertama berhembus, yang kami pikirkan adalah live action sejenis “Lion King” dengan bumbu musikal yang padat. Namun, Tom Hooper memiliki visi lain yakni menciptakan versi live action yang lebih mirip dengan versi teaternya. Ya, para aktor dan aktris di film ini disulap menyerupai kucing dengan kostum dan bantuan CGI, namun tetap mempertahankan tubuh manusia mereka. Tidak cukup sampai di situ, kucing-kucing yang ada di film ini cukup membingungkan dalam segi skala karena di beberapa adegan mereka hanya sebesar kucing biasa, namun di adegan lain mereka sebesar manusia dewasa.

Terlepas dari trailer yang cukup membingungkan bagi penggemar kucing ataupun musikal, kami menonton film “Cats”. “Cats” versi layar lebar menceritakan kisah hidup Victoria (Frances Hayward), seekor kucing yang dibuang oleh pemiliknya di jalanan kota London. Ia pun didekati oleh para kucing liar jalanan yang mengenalkannya pada suku Jellicle. Dunia kucing liar ternyata memiliki sebuah kompetisi yang memberikan kehidupan baru bagi para kucing yang memenangkan kontes Jellicle Ball. Victoria pun harus bersaing dengan berbagai kucing yang bertalenta untuk meraih impiannya. Di bawah arahan Old Deuteronomy dan Munkustrap, para tetua dari suku Jellicle, sangat menarik menyaksikan upaya Victoria untuk memenangkan lomba.Cats Movie Review 2019

Secara premis, tidak banyak yang berubah dari versi musikal dan versi layar lebar “Cats”. Tom Hooper yang sudah terbukti handal dalam menangani film musikal karena telah terlibat dalam proyek “Les Misérables” menunjukkan kepiawaiannya sekali lagi dalam menyatukan lagu-lagu menjadi satu tontonan yang menyenangkan. Apabila kamu bukan penggemar berat film musikal, sepertinya akan susah untuk mengikuti jalan cerita dari film yang padat akan lagu. Nomor-nomor yang tersaji selalu melengkapi adegan-adegan penting, jadi bagi beberapa orang terlalu banyak lagu dan sedikitnya dialog bisa jadi hal negatif. Jennifer Hudson yang berperan sebagai Grizabella, Sir Ian McKellen sebagai Gus, Jason DeRulo sebagai Rum Tum Tugger, hingga Taylor Swift sebagai Bombalurina, masing-masing mempersembahkan lagu yang cukup mengesankan dan jadi favorit kami dalam film.

Meskipun begitu, film ini tidak bisa melepaskan imajinasi aneh seekor kucing dengan tubuh manusia yang memiliki lekuk tubuh perempuan dan laki-laki yang mmm…. lebih mirip seperti animasi ketimbang live action. Anyway, “Cats” bisa jadi pilihan tontonan bersama keluarga di penghujung tahun 2019 ini. Film tersebut telah tayang mulai hari ini di berbagai jaringan bioskop Cinema XXI di Indonesia.