Helateater 2019 Forum Aktor YogyakartaForum Aktor Yogyakarta Tampilkan Pertunjukan Memukau di Helateater Salihara 2019

JAKARTA (24/3) – Helateater Salihara dihelat kembali di tahun 2019 dan merupakan gelaran yang melanjutkan tradisi pertunjukan teater di Komunitas Salihara yang dilaksanakan dua tahun sekali sejak 2014. Apabila gelaran sebelumnya menampilkan sanggar teater serta komunitas yang memang memfokuskan diri pada seni pertunjukan teater, kali ini penampil di Helateater 2019 diambil dari seleksi “Undangan Terbuka” yang dilaksanakan tahun lalu. Mengusung tema “Teater Adaptasi” di mana peserta harus menafsirkan kembali naskah yang pernah ditampilkan atau dipublikasikan menjadi pertunjukkan versi mereka, terpilihlah 4 sanggar teater dengan beragam adaptasi naskah. Akhir pekan lalu, pertunjukan dimulai dengan penampilan dari Forum Aktor Yogyakarta (FAY). Mengusung pertunjukan bertajuk “Di Punggungmu Kusandarkan Waktu yang Tak Pernah Bicara Kita”, mereka mengadaptasi kisah berjudul “A Sunny Morning” yang diterjemahkan Sapardi Djoko Damono menjadi naskah “Pagi Bening”.

Naskah ini bercerita tentang romansa dua insan manusia dengan bumbu politik dan kilas balik reformasi 98 yang terjadi di Indonesia. Kata “sunshine” yang dilontarkan tokoh bernama Kencana kepada asisten pribadinya menjadi awal ia mengenang kisah kasih masa lalunya bersama tokoh bernama Kuncoro. Mereka mengenang kembali benih-benih cinta yang muncul ketika Kencana membacakan puisi “Bunga dan Tembok” karya Wiji Thukul saat ia berorasi melawan Orde Baru yang mengkebiri kebebasan berekspresi di kala itu. Kencana menyayangkan perpisahan yang harus mereka lalui ketika seiring waktu, dua insan ini berseberangan dalam ideologi politik. Kisah ini meskipun berlatar belakang jaman dahulu, terasa relevan di masa kini di kala masyarakat Indonesia terpecah belah akibat ideologi politik. Selama 60 menit pertunjukan berlangsung, para aktor dan aktris dari Forum Aktor Yogyakarta menyajikan berbagai humor dan jokes yang mengundang tawa dari penonton. Musik pengiring yang menemani juga membuat pengalaman menonton teater kali ini lebih sempurna.

Helateater 2019 Forum Aktor Yogyakarta

Akhir pekan ini giliran Teater Gedor dari Bandung akan menampilkan judul “Geliat Nafsu di Ladang Tebu”. Helateater 2019 akan berlangsung hingga 10 April 2019 di tiap akhir pekan. Jangan lewatkan kesempatan menyaksikan interpretasi naskah asing/Indonesia dalam Helateater 2019 yang jadwalnya bisa kamu simak di www.salihara.org.

Reporter: Fransisca Hana/Editor: Novita Widia
Dokumentasi: Komunitas Salihara