C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia
Cosplay Competition
Gelaran C3AFAJKT 2018 Terakhir Ditutup dengan Catatan Manis

TANGERANG (2/9) – Anime Festival Asia atau biasa disebut C3AFA yang digelar di ICE, BSD pada tanggal 31 Agustus – 2 September lalu berlangsung cukup meriah. Festival terbesar bagi penggemar anime dan pop culture Jepang ini diadakan kembali untuk ke-7 kalinya di tempat yang baru untuk menampung minat yang lebih tinggi. Terdapat banyak program yang disajikan selama 3 hari gelaran acara ini mulai dari AFAPlay E-Sports Tournament yang berkolaborasi dengan GameStart, pameran gaming console dan cosplay, konser J-Pop “I LOVE ANISONG” dan berbagai showcase spesial. Berbekal fasilitas shuttle bus yang disediakan oleh panitia dari f(x) Sudirman ke BSD City, para pengunjung yang mayoritas berdomisili di DKI Jakarta merasa sangat terbantu. Terdapat beberapa bintang tamu cosplayer yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Mereka berasal dari Korea Selatan, Thailand, Tiongkok, Hong Kong serta Indonesia. Cosplayer Luffy dari Hong Kong sudah ditunggu kehadirannya oleh para penggemar dan C3AFAJKT menjadi ajang pertama kalinya ia memamerkan kemampuan cosplay. Alhasil, banyak pengunjung yang memotret serta mengagumi detail yang ia gunakan dalam kostum serta make-upnya.

C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia
Gunpla by Bandai NAMCO

Gunpla-gunpla dari Bandai NAMCO cukup menarik perhatian para kolektor dan kalau kamu benar-benar menggemarinya, harus merogoh kocek cukup dalam untuk memiliki figurin yang sama persis dengan yang dipamerkan. Beranjak menuju area konser, grup EGOIST menggebrak para penonton dengan lagu-lagu soundtrack anime mereka seperti “Eiyuu Unmei no Uta”, “Suki to Iwareta Hi” dan masih banyak lagi. Keseruan dari penampilan mereka sungguh terasa hingga akhirnya mereka kembali memainkan beberapa lagu untuk babak encore. Hari kedua berlangsung lebih meriah lagi dengan penampilan dari lima performer antara lain Megumi Nakajima, Mashiro Ayano, Konomi Suzuki, MAID, dan Ami Wajima. Kami menjajal permainan di area AFAPlay dan gembira ketika menemukan banyak konsol game jadul yang berjajar. Selain game lawas, pengunjung bisa mencoba game keluaran terbaru dari Bandai NAMCO yakni My Hero One’s Justice. Ada kompetisi game di area ini yang menjanjikan hadiah menarik bagi para pemenangnya.C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia

Cosplayer Baozi dan Hana asal Tiongkok menarik perhatian para pengunjung di hari kedua dengan postur dan gestur mereka yang mirip dengan karakter yang mereka peragakan. Mereka juga mengadakan sesi workshop make-up yang dihadiri oleh banyak peserta. Hari ketiga diwarnai oleh final kompetisi cosplay serta penampilan yang telah ditunggu-tunggu dari musisi lokal seperti JKT48, Mindy, Nanairo Symphony, Aya Anjani, YOCHI, serta Otagroove featuring Lotus Juice. AFAShop yang menyediakan merchandise dari C3AFAJKT juga ikut dibanjiri para pengunjung yang ingin memperoleh pernak-pernik khas festival ini. Sesi hi-touch dengan para cosplayer tamu pun tidak dilewatkan oleh para penggemar. Antusiasme yang tinggi ini sayang sekali diragukan akan berlanjut ke tahun depan, karena seperti dilansir dari laman Facebook Anime Festival Asia, gelaran ini menjadi terakhir kalinya festival Jepang ini diadakan. Arigatou gozaimasu dan sayonara untuk AFA!

C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia
Baozi dan Hana

C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia

C3AFAJKT 2018 Anime Festival Asia
AFAShop

Reporter: Prasetya Ardhana/Editor: Novita Widia
Dokumentasi: REKKA

1 Comment

  1. Pingback: Snail Mail is Coming Over to Jakarta! - The Display

Write A Comment