Yayoi Kusama Exhibition Museum MACAN
Opening speech
Keajaiban Karya Yayoi Kusama Hadir di Jakarta Lewat Pameran “LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW” di Museum MACAN

Seniman asal Jepang, Yayoi Kusama menetapkan destinasi terakhir dari pamerannya yang bertajuk Yayoi Kusama: LIFE IS THE HEART OF A RAINBOW di Indonesia. Selama hampir 70 tahun berkarir sebagai seniman, kali ini ia memamerkan berbagai macam karyanya yang sebelumnya sebelumnya telah ditampilkan di National Gallery Singapore dan Queensland Art Gallery, dan Gallery of Modern Art di Australia. Museum MACAN menjadi tempat terakhir kalinya para penikmat seni dan masyarakat umum dapat menyaksikan pameran dari seniman yang terkenal dengan rambut bob nya ini. Yayoi Kusama menampilkan kurang lebih 130 karya seninya yang akan dipajang hingga 9 September 2018 mendatang. Jika sebelumnya instalasi telah dipamerkan terlebih dahulu di pameran  “Art Turns. World Turns” di Museum MACAN, kali ini kamu bisa menyaksikan jauh lebih banyak karya khas beliau. 

Tak hanya itu saja, jika kamu baru masuk ke dalam ruangan pameran di Museum MACAN nanti, kamu bisa bertemu dengan Narcissus Garden dari Yayoi Kusama yang memiliki berbagai cerita menarik di dalamnya, selain itu di sini juga menyuguhkan 1.500 bola yang terbuat dari stainless steel. Karya ini sempat ia bawa ke Venice Biennale pada 1966 dan dijual kepada pengunjung seharga 2 dolar. Selain itu, tepat pada seberang pintu masuk ruang pamer, kamu bisa melihat sejarah perjalanan karir Yayoi Kusama dari waktu ia lahir di tanggal 22 Maret 1929 hingga sekarang.

Yayoi Kusama Exhibition Museum MACAN
THE SPIRIT OF THE PUMPKINS CENDED INTO HEAVENS (2015)

Selanjutnya, para pengunjung pun akan dibawa untuk masuk ke dalam karya-karya Yayoi Kusama lainnya yang dipenuhi oleh motif favortinya yakni polkadot. Salah satu spot favorit para pengunjung adalah instalasinya yang bertajuk “THE SPIRIT OF THE PUMPKINS CENDED INTO HEAVENS” (2015) yang memiliki kombinasi warna kuning dan hitam, serta dibentuk menyerupai labu. Di sini kamu pun bisa melihat pameran dari objek cermin yang di letakkan di sebuah ruangan yang penuh dengan motif polkadot hitam dan kuning. Kamu pun juga bisa mengintip ke dalam sebuah labu imajinasi dari Yayoi Kusama ini.

Yayoi Kusama Exhibition Museum MACAN
Penyanyi/aktris BCL menikmati karya Yayoi Kusama

Setelah puas menyaksikan cermin yang dipenuhi dengan motif polkadot hitam dan putih, kamu juga bisa menikmati “My Eternal Love”. Ada pula seri lukisan yang di buat oleh Yayoi Kusama pada tahun 2009 yang masih berlanjut hingga saat ini. Seri lukisan ini terdiri dari 500 lukisan, 24 di antaranya berada di Museum MACAN, Jakarta Indonesia. Buat kamu yang ingin berkunjung ke the most talked about art exhibition in town, harga tiket masuk yang perlu kamu bayarkan adalah Rp 100.000 untuk dewasa, Rp 90.000 untuk pelajar, dan Rp 80.000 untuk anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai macam merchandise dari Yayoi Kusama di Museum MACAN. Perlu diketahui dan sangat kami anjurkan untuk menikmati karya dari maestro ini tanpa merusak, memegang atau memindahkan objek. Patuhi aturan yang diberlakukan oleh galeri dan untuk penjelasan lebih lanjut, silakan cek langsung di www.museummacan.org

This slideshow requires JavaScript.

Penulis & Dokumentasi: Narisha Zulkarnain/Editor: Novita Widia

Write A Comment