Ramadhan Jazz Festival 2018 ReportPersatuan dalam Musik dan Budaya Tersaji di Ramadhan Jazz Festival 2018

JAKARTARamadhan Jazz Festival yang digelar tiap tahunnya oleh Warta Jazz dan RICMA (Remaja Islam Masjid Cut Meutia) hadir kembali di tahun 2018 dengan suasana yang sedikit berbeda. Mengusung tema persatuan dengan tagar #LoveUnitesUsAll , musisi jazz kenamaan dari Indonesia menggebrak panggung megah yang didirikan di halaman Masjid Cut Meutia. Dahulu, festival jazz ini dikenal sangat ketat dalam menerapkan aturan baik bagi para pengunjung ataupun penampil. Mereka dituntut untuk mengenakan pakaian sopan dan menutup aurat seperti orang yang hendak pergi ke masjid. Akan tetapi, melihat kondisi sosial politik Indonesia yang sedang darurat toleransi belakangan, RJF 2018 justru merangkul keberagaman yang lebih luas. Semua penonton dari berbagai lapisan masyarakat sangat dipersilahkan hadir dan kami menyaksikan volume penonton yang lebih membeludak dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, selama dua hari pelaksanaannya, RJF 2018 menampilkan deretan musisi yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sebut saja Yura Yunita, Glenn Fredly, Maliq & D’essentials, Isyana Sarasvati, Afgansyah Reza, Rendy Pandugo, Andien Aisyah, Dengarkan Dia (Ayudia Bing Slamet x Dito), NonaRia, Lantun Orchestra, The Soulful Band, Tosca, Alpen Music Project ft. Chiki Fawzi, serta Nasyid Snada ft. Dwiki Dharmawa & Budhi Haryono.

Kolaborasi antara grup nasyid dengan komposer ternama serta perkusionis ini bisa dibilang unik. Dwiki sendiri mengungkapkan bahwa ia telah mengenal grup Nasyid Senada semenjak ia berkuliah di UI.  “Snada adalah sahabat sahabat lama saya di pengajian mulai di UI di awal tahun 90an sampai sekarang, Senang sekali kali ini berkolaborasi Musik dalam RJF, Kami memiliki kedekatan bathin satu sama lain”, ujarnya. Selama dua hari tersebut, acara diawali dengan sholat tarawih berjamaah sehingga suasana bulan suci benar-benar terasa. Dibuka oleh apresiasi dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, RJF 2018 juga mengusung program sosial berupa donor darah yang bekerja sama dengan PMI serta dukungan sosial bagi rumah singgah Cancer Information and Support Center (CISC).

Ramadhan Jazz Festival 2018 Report
Nasyid Snada ft. Dwiki Dharmawan

Amira Azizah Audi selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2018 menyatakan, “Apa yang diberikan Ramadhan Jazz Festival untuk umat memang berbeda dari acara-acara yang lain, kita selalu mencoba mengemas acara ini dengan cara yang bisa diterima oleh anak-anak Millennials. Gunanya untuk menjadi wadah dan menyiarkan agama Allah, Insya Allah dengan hati yang ikhlas dan selalu meminta petunjuk dari Allah SWT acara tahunan kami selalu di terima dengan tangan terbuka. Karena kita percaya bahwa pertolongan Allah akan selalu ada di setiap langkah kami. Dengan dipercayai untuk menjadi PO tahun ini saya yakin Allah dan teman-teman memberikan kepercayaan yang lebih untuk saya untuk membuat acara RJF 2018 lebih baik dari sebelum-sebelumnya.” Untuk informasi lebih lanjut, ikuti @ramadhanjazz di Instagram.

Reporter: Audy Prasetya/Editor: Novita Widia

Write A Comment