13 Youtube Channel Tentang Makanan Yang Wajib Ditonton!
Cr: Freepik
13 Youtube Channel Tentang Makanan Yang Wajib Ditonton!

Menurut campaign Youtube Indonesia di tahun 2016 yakni “Youtube Lebih dari TV”, popularitas situs video streaming ini sudah mengalahkan kepopuleran TV. Kita bisa mengakses berbagai macam video di mana saja dan kapan saja dan salah satu konten yang seringkali menarik perhatian adalah makanan. We can live without tecnology but we can’t live without food, makanan memang menjadi dasar kebutuhan manusia, namun di tangan creative content maker di Youtube, makanan menjadi komoditas unik yang membuat kita betah berlama-lama menonton orang makan, masak, atau sekedar jalan-jalan dari satu restoran ke restoran lain. Redaksi The Display juga paling doyan nonton channel-channel Youtube dengan konten makanan dan inilah beberapa channel yang patut kamu simak!

1. Eater – Dining On  A Dime Series

Eater adalah channel kuliner dengan berbagai variasi konten namun salah satu seri yang menjadi favorit para penonton adalah “Dining On A Dime”. Dipandu oleh presenter Lucas Peterson, acara ini didedikasikan pada restoran-restoran yang menyajikan makanan lezat namun dengan harga super hemat. Gaya Lucas yang ramah, jenaka, dan deskriptif saat menjelaskan makanannya membuat seri ini sangat heartwarming. Tidak jarang Lucas berinteraksi lebih jauh dengan pemilik atau juru masak restoran tersebut, dan mempelajari budaya makanan yang mereka masak serta daerah asal mereka. “Dining On A Dime” telah menelusuri beberapa titik di Amerika Serikat seperti Miami, Seattle, New York, Hawaii bahkan hingga ke luar negeri seperti London, Inggris. Tonton salah satu serinya dan kamu akan terpikat untuk menonton seri lainnya yang menyediakan subtitle berbagai macam bahasa.

2. Great Big Story – Flavors

Suatu kerugian besar kalau kamu belum subscribe channel Great Big Story di Youtube. Channel ini memuat berbagai macam cerita unik yang mungkin tidak kamu pikirkan sebelumnya dan yang terpenting durasinya tidak panjang. Salah satu serinya yang mengeksplor lebih jauh tentang makanan adalah ‘Flavors’. Tentu bukan Great Big Story namanya kalau tidak memberikan insight-insight unik seperti alasan mengapa teh jadi minuman terpopuler di Inggris Raya, tempura daun mapel di Jepang, dan masih banyak lainnya. Menonton serial ini memberikanmu wawasan yang mungkin trivial namun ternyata menyimpan banyak pesan seperti warisan budaya, pentingnya komunitas dan bagaimana makanan bisa mengubah hidup seseorang atau suatu kelompok.

3. Cooking With Dog

Cooking With Dog adalah channel memasak makanan Jepang yang dipandu oleh seekor anjing lucu bernama Francis dengan ibu setengah baya yang identitasnya dirahasiakan. Ibu tersebut menggunakan bahasa Jepang dalam menjelaskan metode memasak yang ia praktikan. Tenang saja, ada subtitle Bahasa Inggris dan Francis yang siap menerjemahkan perintah dan tips dari ibu tersebut melalui teknologi voice over. Aksen Jepang yang kental dalam Bahasa Inggris Francis serta teknik memasak yang mudah diikuti membuat kita ingin cepat-cepat pergi ke dapur dan mempraktikan menu yang dimasak. Masakan yang diracik terutama adalah masakan Jepang dengan selingan masakan Asia lainnya atau masakan Barat. Appetizer, main course, dessert dan snack bisa kamu temukan di channel ini!

4. Maangchi

Ahjumma (re: sebutan untuk ibu-ibu Korea) satu ini mulai membuat video secara amatir sepuluh tahun yang lalu. Namun ia konsisten menyajikan masakan-masakan khas Korea Selatan dan jumlah subsribernya terus bertambah hingga kini menembus 2 juta subscriber. Maangchi tidak pelit dalam berbagi tips untuk memasak masakan Korea, ia juga sering menyarankan bahan pengganti apabila ingredients yang ia gunakan susah ditemukan di beberapa daerah. Channel ini terkadang menyelipkan jokes khas ibu-ibu yang mungkin sedikit garing. Bersama Maangchi kita juga banyak belajar kosa kata Korea dan ia sendiri pun mengakui ia sembari belajar Bahasa Inggris dengan membuat video ini. Kualitas video Maangchi sekarang semakin bagus loh, jadi bukan seperti nonton vlogger amatir lagi.

5. English Heritage – The Victorian Way

Melalui seri “The Victorian Way” di channel English Heritage, kamu bisa mempelajari sejarah. Ya, di seri ini sesosok wanita bernama Mrs. Crocombe digambarkan sebagai seorang juru masak di era Victoria yang melayani keluarga aristokrat Inggris. Mrs. Crocombe menunjukkan cara memasak hidangan klasik Inggris dengan menggunakan alat-alat dan bahan yang hanya bisa ditemukan dari era tersebut. Bayangkan saja, membuat es krim di era Victoria membutuhkan tenaga yang tidak sedikit dan peralatan yang cukup aneh. Mrs. Crocombe juga berdandan layaknya pelayan pada masa itu lengkap dengan apron, korset dan rambut tersanggul rapi. Buat kamu yang suka sejarah Inggris, serial ini bisa kamu ikuti!

6. Kokiku.TV

Bingung gimana cara membuat opor ayam? Ingin tahu pendapat anak-anak Indonesia saat merasakan masakan Thailand? Cek aja Kokiku.TV di Youtube karena channel ini berisikan resep, review makanan serta web series yang berhubungan dengan makanan. Celebrity chef terkenal seperti Yuda Bustara, Putri Miranti atau Gerry Giranza juga sempat menjadi presenter dari beberapa serial dalam channel ini. Kamu juga bisa mendapatkan tips bagaimana menyajikan makanan yang tetap bergizi tinggi walaupun sedang menderita kekurangan dana di akhir bulan. Instagram Kokiku.TV juga nggak kalah menarik kok, kamu bisa liat preview atau video memasak singkat di situ.

7. Tastemade – Struggle Meal with Frankie Celenza

Koki Frankie Celenza sangat menghibur ketika memasak dan menjadi presenter dalam serial “Struggle Meal” di channel Tastemade. Di serial ini, Frankie memberikan cara-cara untuk memasak makanan sehemat mungkin dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarmu. Channel ini cocok bagi kamu yang suka menerapkan meal preparation, yakni memasak makanan dalam jumlah besar dan disimpan untuk dimakan berhari-hari kemudian. Tips paling efektif dari Frankie adalah selalu ambil paket garam, merica, gula, atau bumbu-bumbu lain saat kamu makan di restoran! Dengan cara ini, kamu bisa menghemat uang untuk membeli bumbu-bumbu yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil tiap memasak.

8. Kinoshita Yuka

Familiar dengan istilah mukbang? Mukbang adalah istilah Korea yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang mampu makan dalam jumlah besar di satu waktu dan kemudian merekamnya secara live. Dipopulerkan di negara asalnya melalui streaming service Afreeca TV, tren mukbang juga menyebar ke negara tetangga yakni Jepang. Salah satu pionir mukbang atau oogui (istilah Jepang) adalah Kinoshita Yuka. Gadis ini memang berpostur kecil dan langsing, tapi jangan meremehkan selera makannya yang luar biasa besar. Dalam satu waktu, ia bisa menghabiskan 10 paket mi instan atau 11 porsi donburi! Kadang ia juga memasak sendiri makanannya dan membagikan resepnya dalam video. Menonton Yuka menghabiskan makanan begitu banyak membuat kita ikutan kenyang sebelum makan.

9. First We Feast – Sean In The Wild

Host dan chef Sean Evans dari channel First We Feast berkolaborasi dengan talent lain dalam serial “Sean In The Wild”. Terkadang ia memasak bersama chef ternama lainnya pada seri ini, bersaing membuat suatu menu, atau belajar teknik memasak baru dari koki lain. Dalam serial ini Sean Evans juga sering mengajak bintang tamu seperti musisi, aktor atau Youtube content maker untuk mencoba masakan di suatu tempat. Interaksi Sean dengan beberapa tamu membuat acara ini menarik untuk disimak. Plus, makanan-makanan yang disajikan selalu sukses menggugah selera.

10. Buzzfeed – Worth It

Dipandu oleh trio Steven, Andrew dan kameramen Adam, “Worth It” bisa jadi merupakan seri paling diminati di channel Buzzfeed saat ini. Konsep yang mereka sajikan adalah membandingkan menu yang sama di tiga tempat berbeda dengan range harga yang berbeda-beda pula. Misalnya mereka membandingkan pizza seharga 8 dollar, 20 dollar, dan 100 dollar di tiga spot berbeda lalu ketiganya akan menentukan mana di antara ketiga pizza tersebut yang paling ‘worth it’ atau sesuai antara harga dan rasa. Untuk seri ini, mereka telah berkeliling mengulas berbagai menu dan tempat. Kesuksesan seri ini di negara asalnya membuat mereka mengimpor seri “Worth It” ke Buzzfeed UK yang menurut kami sama-sama menghibur. Mereka bahkan terbang ke Jepang untuk merekam seri “Worth It” di negeri sakura.

11. Tasty – The Tastiest I’ve Ever Eaten

“The Tastiest I’ve Ever Eaten” seri dari Tasty yang merupakan sub-divisi dari Buzzfeed menampilkan Alexis, Nick dan Mike untuk menentukan makanan terbaik versi mereka. Mereka menampilkan burger, pizza, pasta dan ayam goreng terbaik menurut mereka di seantero Los Angeles. Mereka memberikan alasan kenapa pilihan mereka adalah yang terbaik, kemudian kita diajak untuk melihat proses memasak makanan tersebut dan dijamin menontonnya bisa bikin kamu ngiler. Ketiga host tersebut lalu menyicipi makanan favorit masing-masing dan di akhir acara menentukan apakah pilihan mereka masih tetap yang terbaik ataukah pilihan host lainnya telah mengalahkannya. Selain seri ini, Tasty juga merupakan channel yang membagikan berbagai resep masakan baik klasik, modern, atau cukup nyeleneh yang bisa kamu praktikan di rumah.

12. Binging with Babish

Chef Andrew Rea adalah penikmat pop culture sejati, ia suka menonton film dan serial populer yang menginspirasinya untuk memasak masakan yang ia saksikan di layar kaca. Mengawali karirnya dengan membuat channel Youtube Binging with Babish yang berisikan tutorial memasak, Andrew menemukan passion baru untuk mereplikasi menu-menu yang ada di film kartun, fiksi atau misteri yang ia sukai. Kegigihannya menghasilkan banyak subscriber baru yang seringkali memberikan saran atau permintaan agar ia memasak makanan dari sebuah film. Ia juga sudah membuat buku yang berisikan resep-resep dari hasil eksperimennya yang sekarang telah dijual bebas. Penasaran kan rasa dari Krabby Patty dari Spongebob? Binging with Babish siap meraciknya buat kamu.

13. Grandpa Kitchen

Grandpa Kitchen menghadirkan sosok seorang kakek di India yang memasak berbagai macam masakan dalam jumlah besar. Melalui channel ini, kita juga diajak berderma karena makanan-makanan tersebut akan dibagikan kepada anak yatim piatu, lansia, serta dhuafa nantinya. Ciri khas dari kakek satu ini adalah selalu memasak di alam terbuka dan menggunakan panci atau penggorengan super besar. Puas rasanya melihat tumpukan ayam goreng, nasi atau kare dibagikan untuk mereka yang membutuhkan.

14. How To Cake It

Pastry chef Yolanda Gampp mempunyai imajinasi yang luar biasa dan bisa menyulap kue yang membosankan menjadi bentuk yang istimewa. Ia bisa membentuk kue seperti sosok Porg dalam Star Wars: The Last Jedi atau kue berbentuk strawberry raksasa. Ia sangat memperhatikan detail dari semua aspek yang ia kerjakan sehingga tidak hanya kuenya mirip dengan bentuk lain namun juga memiliki tekstur dan rasa yang enak. Gayanya yang lucu dan ramah juga membuat kita betah menontonnya membuat kue-kue yang menakjubkan.

Write A Comment